Tanda Gejala Menopause Wanita

Tanda ciri-ciri wanita menopause dini perlu juga diketahui dan dipahami dengan baik mengingat bahwa ada hal-hal yang diakibatkan menopause ini pada kehidupan sehari-harinya.

Pengertian definisi menopause adalah bahwa menopause adalah kondisi berhentinya perdarahan dan siklus menstruasi, yang menandai akhir dari masa reproduksi seorang wanita.

Menopause merupakan salah satu saat yang paling menentukan dalam kehidupan seorang wanita. Beberapa wanita merasa takut , sementara yang lain malah menunggu-nunggu akan datangnya menopause.

Bagi sebagian wanita yang takut akan datangnya menopause karena akan membuat mereka merasa tidak menarik, kesepian, tak berguna dan tak berdaya.

Tanda Gejala Menopause Wanita

Menopouse merupakan kejadian alami yang harus dilalui oleh setiap wanita. Secara mudah, menopause merupakan suatu tahap fisiologis dimana seorang wanita tidak lagi mendapatkan siklus menstruasi.

Pada saat menopause maka akan terjadi penurunan produksi hormon estrogen sebagai akibat habisnya folikel (sel telur) dalam ovarium (indung telur). Penurunan hormon estrogen inilah yang memunculkan berbagai gejala dan tanda menjelang, selama serta pasca menopause.

Tanda-Tanda Wanita Mengalami Menopause Dini


Berikut ini beberapa tanda ciri wanita menopause seperti informasi yang dilansir dari Boldsky antara lain adalah sebagai berikut :

Perubahan Suasana Hati Mood

Banyak wanita mengalami perubahan suasana hati di mana mereka merasa mudah marah, sedih dan melankolis. Mereka juga sering merasa tertekan dan bahkan memiliki pikiran untuk bunuh diri kadang-kadang. Ini lah bagian dari akibat pengaruh menopause.

Menstruasi Tidak Teratur

Ketika siklus menstruasi pada seorang wanita perempuan menjadi tidak teratur secara tiba-tiba maka pada saat itu diperlukan berkonsultasi dengan tenaga medis atau pun dokter.

Periode menstruasi yang tidak teratur adalah bukti konklusif dari menopause dini.

Vagina Kering

Ketika mengalami siklus hormonal yang baik dan normal maka vagina akan selalu dilumasi dengan baik. Tetapi jika vagina menjadi kering untuk jangka waktu yang cukup lama, itu bisa berarti seorang wanita telah mendekati masa menopause.

Periode Menstruasi Mulai Berkurang

Seorang perempuan dianggap sudah mencapai menopause jika selama 12 bulan tidak mengalami menstruasi sejak tanggal dia mengalami periode menstruasi terakhir.

Periode menstruasi yang tidak teratur sampai benar-benar berakhirnya menstruasi merupakan tanda yang paling jelas seorang perempuan telah mencapai masa menopause, terutama jika dia sudah berusia di atas 50 tahun.

Tidak ada patokan waktu yang pasti kapan periode terakhir menstruasi akan terjadi, tapi dengan mencatat siklus menstruasi dapat membantu menentukan kapan periode menstruasi mulai tidak teratur.

Kelelahan

Ketika kadar hormon menurun, tingkat energi pun menurun. Sehingga, saat ingin memasuki masa menopause, wanita bisa merasa lelah dan lemas tanpa sebab. Kondisi ini bisa mempengaruhi kegiatannya sehari-hari karena ia tidak bisa melakukan aktivitas sebagaimana biasanya.

Tanda-Tanda Wanita Mengalami Menopause Dini

Gejala Menjelang Menopause

Apa tanda-tandanya seorang perempuan akan menopause? Ketika menopause akan datang biasanya periode haid menjadi tidak teratur, terjadi secara berdekatan atau saling berjauhan.

Misalnya bulan Mei jadwal haid tanggal 7. Lalu akhir bulan di bulan yang sama haid datang lagi (misalnya tanggal 26). Tetapi di bulan Juni haid datang malah di akhir bulan, misalnya tanggal 29 Juni.

Ciri-ciri lainnya adalah sebagai berikut :
  1. Tulang sendi terasa sakit.
  2. Susah berkonsentrasi.
  3. Sakit kepala.
  4. Berkeringat pada malam hari.
  5. Mempunyai kondisi umum yang biasanya terdapat pada PMS.
  6. Perubahan dalam nafsu seksual.
  7. Berkeringat banyak.
  8. Insomnia.
  9. Sering bangun terlalu pagi.
  10. Perubahan mood.
  11. vagina terasa kering
  12. buang air kecil secara frekuentif

Share this :

Previous
Next Post »
2 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔